Kamis, 04 Juni 2009

Anjing Bagi Manusia


Bagi sebagian besar orang, anjing berguna untuk menghilangkan kesepian, menjadi mitra dan teman yang dapat dipercaya. Dalam kehidupan sehari-hari, anjing banyak memiliki peran dan manfaat bagi manusia.
Meningkatnya tindakan kriminal yang terjadi di lingkungan sekitar pemukiman menyebabkan banyak warga yang memelihara anjing-anjing penjaga di rumah sebagai perlindungan tambahan bagi diri mereka dan harta bendanya. Untuk tujuan ini cenderung memilih anjing yang bertubuh besar dan agresif seperti Rottweiler, Doberman, maupun Gembala Jerman.
Disamping perlindungan fisik, anjing juga dapat memberikan manfaat perlindungan psikologis yaitu memberikan perasaan aman secara emosional pada saat kondisi gelap ataupun tinggal sendirian di rumah.
Anjing yang suka bermain akan merangsang pemiliknya untuk ikut bermain. Hal ini akan membuat pemiliknya lebih santai, lebih aktif dan bersemangat. Kegiatan ini dapat menghindari dari kegiatan yang membosankan dan mengurangi stress.

Bagi anak-anak, memelihara anjing dapat mengajarkan rasa tanggung jawab. Anak-anak yang mampu bertanggung jawab dalam memelihara anjing, besar kemungkinannya akan menjadi anak yang lebih perhatian dan bertanggung jawab terhadap sesama manusia. Kehadiran anjing di rumah dapat membantu anak mengatasi kegelisahan, mengendalikan emosi dan mengembangkan kesadaran diri.

Bagi orang lanjut usia, anjing dapat membantu proses penyembuhan dan pemulihan gangguan alat gerak dengan cara menemani berjalan-jalan atau berolah raga. Orang yang sebelumnya malas bergerak dan olah raga, bila ditemani seekor anjing akan lebih bersemangat untuk bergerak dan berolah raga.
Orang lanjut usia umumnya sulit untuk mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang memadai, dengan sering memberi makan pada anjing akan merangsang mereka sendiri untuk makan. Kadang mereka senang dan bersemangat sekali bila makan dengan ditemani anjing disebelahnya.


Click to get cool Animations for your MySpace profile
Adenopets.blogspot.com!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar